Nama Komponen Mesin Mobil yang Perlu Diketahui

Mobil memiliki sangat banyak sekali komponen dan semuanya memiliki fungsi penting. Meskipun mengenal beberapa komponen tersebut tidak bersifat wajib, tetapi tidak ada salahnya Anda mengetahuinya sebelum mengajukan kredit mitsubishi xpander cross. Dengan begitu, Anda bisa sedikit menganalisa adanya masalah ketika mobil mengalami gejala tertentu.


Berikut ini adalah beberapa komponen beserta fungsinya yang sebaiknya Anda ketahui:

1.      Komponen Blok Silinder

Komponen mesin ini bisa dibilang sangat utama dibanding bagian lainnya. Pasalnya, komponen blok silinder ini akan menjadi titik tumpu komponen lainnya seperti kepala silinder, piston, poros engkol, dan oil pan, serta menjalankan setiap bagian mesin-mesin tersebut.

2.      Komponen Kepala Silinder

Komponen mesin bagian ini biasanya terletak pada bagian atas blok silinder. Bagian mesin ini berperan penting dalam sistem pembakaran mobil dan komponen ini tidak bergerak.

3.      Komponen Piston

Piston bisa dibilang merupakan jantung mobil. Pasalnya, komponen ini merupakan mesin bergerak yang berguna untuk menjalankan proses-proses pembakaran agar mobil bisa bergerak. Proses pembakarannya seperti memasukan bahan bakar, menekannya, membakarnya, dan mengeluarkan sisa pembakaran.

4.      Komponen Batang Piston

Komponen ini juga merupakan bagian dari piston yang berbentuk batang. Bagian mesin ini nantinya akan menghubungkan piston dengan poros engkol agar bisa memutarkan roda mobil.

5.      Komponen Poros Engkol

Kemudian komponen poros engkol yang terhubung dengan batang piston untuk menggerakkan mobil. Dengan proses pembakaran menjadi energi, poros engkol ini mengubah gerakan silinder yang naik turun menjadi putar. Gerakan putar poros engkol inilah yang nantinya memutarkan ban mobil.

6.      Komponen Oil Pan

Komponen satu ini memiliki peranan penting pada setiap mesin yang bergerak. Bagian mesin ini berfungsi untuk menampung oli atau pelumas untuk mendinginkan mesin yang panas karena saling bergesekan. Kemudian mencegah terjadinya kerusakan setiap komponen mesin karena adanya gesekan tersebut.

7.      Komponen Ring Piston

Komponen mesin mobil ini terlihat cukup kecil namun memiliki fungsi yang besar. Ring piston ini nantinya digunakan sebagai pengencang piston dengan blok silinder agar tidak terjadi kebocoran saat proses pembakaran.

Sudah Paham Berbagai Macam Komponen Mesin Mobil?

Itu dia beberapa nama-nama komponen mesin mobil yang harus Anda pahami untuk kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Setiap komponen mesin pada mobil ini sangat penting untuk diperhatikan karena seringkali terjadi masalah. Kurangnya perhatian pada komponen mobil ini bisa menyebabkan kerusakan yang menimbulkan biaya perbaikan lebih banyak pastinya.

 

Post a Comment

0 Comments