Tips dan Cara Pengiriman Barang ke Luar Negeri yang Perlu Diketahui

Apakah Anda ingin mengirim barang ke luar negeri untuk urusan bisnis atau urusan lainnya? Jika ya, tentu saja Anda harus mengetahui cara pengiriman barang ke luar negeri demi kelancaran pengiriman. Pasalnya, detail pengiriman ke luar negeri sangat bereda dengan pengiriman di dalam negeri karena adanya beberapa tambahan peraturan.


Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal penting terkait pengiriman barang ke luar negeri yang perlu Anda ketahui. Dengan pengetahuan yang memadai, tentu saja nantinya Anda bisa melakukan pengiriman barang entah ke Malaysia, Singapura dan lainnya dengan lebih mudah.

Bagaimana saja cara untuk mengirim barang ke luar negeri? Simak ulasan selengkapnya!

1)      Melakukan booking secara online

Setelah menemukan agen untuk melakukan pengiriman barang ke luar negeri, hal pertama yang Anda lakukan adalah booking layanan secara online. Dalam hal ini, umumnya, Anda hanya perlu memasukkan tujuan pesanan secara lengkap dan juga terperinci. Hal ini penting agar nantinya pesanan bisa sampai.

Selain itu, jangan lupa untuk mendaftarkan akun pada layanan pengiriman yang dipilih. Poin ini juga penting karena dengan melakukan login, nantinya layanan Anda bisa dicek dengan mudah. Dengan mendaftar boking secara online maka anda akan mendapatkan banyak sekali kemudahan yang mungkin tidak anda dapatkan jika anda mendaftar secara offline.

2)      Memilih paket pengiriman

Langkah selanjutnya untuk mengirim barang ke luar negeri adalah memilih paket pengiriman. Tentu saja, langkah ini juga penting karena berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan. Ada beberapa hal yang perlu dilengkapi, seperti berat barang, jenis barang, jumlah paket, dimensi dan lainnya. Dan anda juga harus memastikan jika barang yang anda kirim adalah barang yang aman untuk semua orang dan bukan barang yang berbahaya untuk banyak orang terutama aman untuk dikirim dalan jarak yang jauh.

Detail mengenai paket yang akan dikirim tersebut nantinya akan berpengaruh pada biaya jasa pengiriman. Tentu, masing-masing agen bisa saja memiliki perbedaan standar harga yang diaplikasikan. Oleh karenanya, terkadang, Anda harus membandingkan tarif layanan tersebut.

3)      Melengkapi informasi pengiriman

Sebagaimana disinggung di awal, pengiriman ke luar negeri cenderung berbeda dengan di dalam negeri. Dalam hal ini, Anda harus melengkapi detail informasi pengiriman. Beragam informasi, terutama peraturan pengiriman dari negara tujuan harus dipenuhi secara total.

4)      Pembayaran

Jika semua syarat yang diperlukan sudah terpenuhi, maka Anda akan disuruh untuk melakukan pembayaran. Tentu saja, sebelum pembayaran dilakukan, ada pengecekan ulang untuk memastikan jika seluruh syarat sudah terpenuhi dengan baik.

5)      Pengecekan pengiriman

Setelah proses pembayaran selesai, maka barang akan segera dikirimkan ke tujuan sesuai alamat yang tertera. Dalam hal ini, Anda hanya perlu melakukan pengecekan pengiriman dari website atau layanan yang disediakan oleh agen pengiriman tersebut. Lakukan pengecekan secara berkala agar nantinya Anda bisa segera mengetahui status barang saat sampai atau masih di dalam proses pengiriman.

Beberapa poin di atas adalah cara pengiriman barang secara umum yang perlu dilakukan. Nah, untuk pengiriman barang yang cepat dan terjangkau, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id. Coba cek ongkir ke Malaysia atau beberapa negara lain, Anda pasti akan menemukan tarif yang lebih murah yang pastinya tidak murahan dan tetap memberikan layanan terbaik untuk anda!

Deskripsi: cara pengiriman barang ke luar negeri cenderung berbeda dengan pengiriman dalam negeri sehingga harus diketahui detail agar tidak terjadi masalah.

Post a Comment

0 Comments