Kiat Mulus Mengendalikan Kendaraan saat Melewati Jalan Menanjak

Sebagai salah satu kendaraan berukuran besar, truk lebih sering digunakan dalam kegiatan komersial, khususnya untuk mengangkut berbagai macam muatan. Dengan demikian, tak heran jika transportasi ini sering digunakan sebagai kendaraan bisnis. Namun, mengingat harganya relatif mahal, beberapa orang pun memilih membelinya  dengan memanfaatkan promo kredit truk Mitsubishi. Jadi selain memudahkan karena sistem pembayarannya berupa cicilan, Anda juga bisa mendapat keuntungan lebih tergantung promo yang sedang berlangsung.

 


Nah, untuk menekan pengeluaran selama masa kredit, Anda disarankan membawa truk secara hati-hati. Sebab biaya perbaikan truk ketika mengalami kerusakan juga tidak sedikit. Salah satu cara berkendara yang perlu diperhatikan untuk menjaga keawetan truk adalah ketika berkendara di tanjakan.

 

  • Pastikan tingkat kemiringannya

 

Memasuki jalanan menanjak, pastikan terlebih dulu tingkat kemiringan pada medan tersebut. Menghadapi kemiringan yang tak terlalu ekstrem dapat dilakukan dengan memilih perseneling sedang. Sementara kalau kemiringannya berisiko, gunakan gigi rendah. Anda juga tak perlu panik atau tergesa-gesa supaya truk bisa melewatinya dengan selamat.

 

  • Tetap jaga momentum kendaraan 

 

Menjaga momentum kendaraan seperti truk adalah kiat berikutnya yang akan membantu Anda menaklukan jalan menanjak. Langkah ini juga diperlukan saat pengemudi berhadapan dengan jalan licin akibat hujan atau kurang mulus. Pastikan tenaga Anda mampu mengendalikan momentum agar truk tidak cepat oleng.

 

  • Antisipasi kemacetan di tanjakan

 

Bukan hanya menegangkan, kemacetan yang terjadi di tanjakan bisa membahayakan kalau pengemudi kehilangan fokus selama berkendara. Seperti pada poin pertama, Anda dianjurkan untuk memposisikan gigi rendah sambil menggunakan rem. Jika memungkinkan, terapkan tiga metode pengereman yang mencakup rem tangan, rem kaki, dan setengah kopling untuk transmisi manual.

 

  • Fokuskan pada gigi rendah

 

Mengapa gigi rendah memengaruhi keberhasilan Anda melewati jalan tanjakan? Hal ini disebabkan karena gigi rendah membantu kendaraan yang Anda kemudikan tak serta-merta kehilangan tenaga. Pada tanjakan panjang nan landai, gigi 3 (transmisi manual atau otomotis) merupakan opsi bijak. Sementara gigi 2 dan 1 (L) lebih baik digunakan saat kendaraan menghadapi tanjakan curam.

 

  • Berikan tekanan pada pedal gas

 

Selanjutnya, berikan dan jaga tekanan pada pedal gas untuk mengatur irama kendaraan. Namun, pastikan tekanannya tak terlalu dalam, sebab hal ini akan membuat Anda kehilangan traksi dan kendali atas kendaraan. Supaya pemberian tekanan pas, perhitungkan beban truk, termasuk saat membawa muatan penuh. Jangan lupa periksa kondisi jalan yang dilewati.

 

  • Atur jarak dengan kendaraan lain

 

Langkah terakhir yang harus Anda cek saat melewati jalan menanjak adalah kendaraan di sekitar truk. Jarak tetap harus Anda jaga walau kondisi jalan sedang lengang, apalagi kalau ada blind spot. Jarak yang terlalu dekat akan sangat membahayakan, apalagi pengemudi truk cenderung sulit mengendalikan arah kendaraan saat melakukan pengereman mendadak.

 

Menghadapi jalan menanjak bukan hal mustahil kalau Anda rutin berlatih dan menguasai trik-trik tertentu. Pemeriksaan dan perawatan berkala pada truk juga akan berdampak, sebab kondisi prima pada komponen membantu Anda melewati tanjakan tersebut.

Post a Comment

0 Comments